Metode Experiental Learning dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di SMA An Nuriyyah Bumiayu

Authors

  • Debi Musdalifah SMA An Nuriyah Bumiayu

DOI:

https://doi.org/10.35719/jier.v1i01.11

Keywords:

Akidah Akhlak, Experiental Learning, Respon Peserta Didik

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak merupakan bagian dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran ini banyak bersentuhan dengan fitrah dan jiwa manusia. Oleh karena itu, pembelajaran Akidah Akhlak termasuk dalam jenis pembelajaran teaching about thinking. Jenis pembelajaran ini diarahkan pada upaya untuk membantu peserta didik agar sadar terhadap proses berfikirnya. Metode pembelajaran yang sesuai untuk jenis pembelajaran seperti ini adalah metode partisipatif, seperti diskusi, simulasi, proyek, dan experiental learning. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan metode experiental learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak di SMA An Nuriyyah Bumiayu dan respon peserta didik terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak dengan metode experiental learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, atau kejadian tertentu dengan data yang bersifat kualiatif. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif, yaitu melalui proses reduksi, penyajian dan verifikasi. Metode experiental learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak di SMA An Nuriyyah Bumiayu ini mampu meningkatkan respon peserta didik terhadap pembelajaran Akidah Akhlak, di antaranya ditampakkan dengan dengan semangat dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, metode ini mampu memunculkan kegembiraan sehingga dalam suasana menyenangkan, mata pelajaran Akidah Akhlak dapat menjadi penyejuk dan penguat iman peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-12-2019

How to Cite

Musdalifah, D. (2019). Metode Experiental Learning dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di SMA An Nuriyyah Bumiayu. Journal of Islamic Education Research, 1(01), 65–82. https://doi.org/10.35719/jier.v1i01.11