Strategi Meaningfull Learning dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Fatiya Nur Azizah UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

DOI:

https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.51

Keywords:

Strategi Meaningfull Learning, Proses Belajar Mengajar, Pendidikan Agama Islam, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Corona virus Disease 19 merupakan peristiwa menyebarnya  virus yang akhir-akhir ini telah mewabah hingga penjuru negeri, virus dari mancanegara hingga terdampak bagi negara lainnya. Pandemi ini memiliki dampak yang sangat  signifikan bagi kehidupan masyarakat dan tidak terkecuali dalam aspek pendidikan formal, kebijakan pemerintah terkait Physichal distancing sehingga  menginstruksikan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring) pada setiap tingkat satuan pendidikan sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri. Tujuan penelitian ini merupakan upaya untuk menjelaskan konsep strategi pembelajaran bermakna dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. Strategi pembelajaran bermakna (Meaningfull learning) sangat penting kedudukannya dalam rangka tetap menjaga dan meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar terutama pada masa darurat penyebaran Corona Virus Disease-19, oleh karena itu peran kolaborasi antara seorang guru dan orang tua sangat dibutuhkan dalam pembelajaran yang mampu menjadi sosok panutan (uswatun hasanah) dan mampu mendidik secara profesional sehingga siswa mampu mengamalkan pembelajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari.  Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan kajian kepustakaan atau studi literatur yang disajikan untuk menjelaskan kerangka teoritis dan kronologis terkait pembahasan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhanuddin, Esa Nur Wahyuni, Teori belajar dan pembelajaran. (Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media. 2010)

Donas, Ahmad Najib, Elhefni, “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliah IV Palembang.” JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, Vol 2 Januari, 2016

Masrul, et.al. Pandemik Covid 19 persoalan dan Refleksi di Indonesia. (Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2020), 5

Muhaimin, et.al. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)

Pribadi, Benny A., Model Desain Sistem Pembelajaran. (Jakarta: Dian Rakyat, 2019)

Rahmah, Nur, “Belajar Bermakna Ausubel”, Al-Khawarizmi Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol 1 Maret 2013

Siregar, Eveline, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2011)

Subagyo. Metode Penelitian: Teori dan Praktek. (Jakarta: Rineka cipta)

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)

Syafaat, Aat; Sohari Sahrani; Muslih, Peranan Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008), 11-16.

Tang, Muhammad, “Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidika Agama Islam dalam Merespon Era Digital.” Jurnal Fikrotuna Vol 7 No 1 Juli 2018

Tim Kerja Kementrian Dalam Negeri. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 bagi Pemerintah Daerah: Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen, (Jakarta: Kementerian Dalam Negeri, 2020), 4

Trianto, Mendesain Pembelajaran Kontekstual, (Jakarta: Cerdas Pistaka Publisher, 2008)

Wahidin, Unang & Ahmad Syaefuddin. “Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Edukasi Islami, Vol 07 No.1 2018

Wahidin, Unang, “Implementasi Literasi Media dalam proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti.” Jurnal Edukasi Islami, Vol 07 No. 2 September 2018

Downloads

Published

30-12-2020

How to Cite

Fatiya Nur Azizah. (2020). Strategi Meaningfull Learning dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education Research, 1(3), 215–224. https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.51